Kapan Dibuka Penerimaan CPNS 2019? Lihat Disini

Diposting pada

KARIRINFO.com-Tentu yang gagal pada penerimaan CPNS ditahun lalu akan tentunya menunggu pendaftaran CPNS untuk tahun ini dan itu adalah harapan yang pasti ditunggu.

Memang pada bulan ini di berbagai daerah sudah melakukan pelantikan khususnya yang lolos pada penerimaan CPNS awal tahun ini meskipun tidak dilakukan secara serentak karena kebijakan dari setiap wilayah masing-masing.

Ternyata sobat karirinfo tentunya harus bersyukur titik terang dari pemerintah ternyata ada bahwa ditahun 2019 ini akan ada penerimaan CPNS lagi jadi masih ada kesempatan lagi buat teman-teman yang bercita-cita tinggi untuk memajukan negara melalui ASN atau menjadi abdi negara yang nyata.

Terutama buat sobat yang mungkin tahun ini menjadi batas akhir untuk berjuang menjadi ASN karena umur pelamar maximum 35 tahun maka dari itu persiapkan diri anda semoga ada jalan kesuksesan untuk anda sobat.

Lowongan Lain : Karir Indofood

Bukti nyata bahwa pemerintah akan melakukan penerimaan CPNS-ASN khususnya pada tahun 2019 ini yaitu berdasarkan edaraan resmi dari pihak terkait yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Republik Indonesia yang bernomor B/ 617 /M.SM.01.00/2019 tertanggal 17 Mei 2019 Yang bersifat Segera Hal Pengadaan ASN Tahun 2019. Dari hal tersebut tentunya menjadi titik terang buat teman-teman untuk segera mempersiapkan diri anda untuk segala hal agar cita-cita anda tersebut akan terkabulkan ditahun 2019 ini.

Berdasarkan Surat Edaraan tersebut sebagaimana menjadi bukti akan dibukanya penerimaan CPNS anggaran 2019 dan menjadi panduan kepada Instansi sebagaimana usulan kebutuhan formasi khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya ditahun 2019 ini. Hal ini menjadi persiapan kepada semua pihak agar kompak dan terwujudnya penerimaan ASN khusus di tahun 2019 tentu Kementerian PANRB menunggu usulan dari pihak instansi untuk formasi yang akan dibuka nantinya.

Maka dari itu jadwal untuk pendaftaran CPNS tahun 2019 ini belum bisa dijadwalkan intinya memang melewati proses dan prosedur yang ada.

Namun pesan dari Kemenpan Mudzakir, untuk menyusun kebutuhan CPNS yang akan direkrut tahun ini, instansi pemda harus memperhatikan ketersediaan anggaran dalam APBD dengan prinsip zero growth atau pertumbuhan nol persen. “Kecuali untuk pemenuhan ASN bidang pelayanan dasar,”.

Maka penerimaan CPNS ini pemerinta daerah harus mempertimbangkan dengan matang segala aspek untuk membuka penerimaan CPNS tahun ini sebagaimana sesuai dengan ketentuan yang ada.

Berikut ini aspek khususnya pada penerimaan tahun ini :

  • Khusus untuk pemda, alokasi CPNS hanya 30 persen dan sisanya 70 persen untuk PPPK.
  • Pertimbangkan jumlah PNS yang memasuki batas usia pensiun tahun 2019, rasio jumlah penduduk dengan PNS, luas wilayah, serta melampirkan surat pernyataan kesediaan anggaran gaji dan latihan dasar bagi CPNS.
  • Usulan kebutuhan, pemda harus berdasarkan peta jabatan yang telah ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing.
  • Instansi pemerintah pusat, mendapat 50 persen CPNS, dan 50 persen PPPK.
  • Khususnya PPPK harus diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di bidang pelayanan dasar pada satuan/unit kerja di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar.
  • Pengadaan ASN diutamakan bagi satuan/unit kerja yang dalam pengadaan CPNS tahun 2018 tidak mendapat alokasi tambahan pegawai baru.
  • Khusus Pemda PPPK bisa memberi kesempatan pada pegawai honorer yang saat ini masih aktif bekerja secara terus menerus.

INFO CPNS 2019

Info : Download

Penerimaan CPNS Tahun 2019 diprioritaskan pada jenjang Ahli pertama, terampil, serta masih dimungkinkan untuk jenjang pemula.

Nah sekarang sobat para peminat CPNS tentunya tinggal menunggu prosesnya namun berdasarkan informasinya diberikan batas waktu khusus instansi untuk menyampaikan usulannya kepada Menteri PANRB kepada BKN proses ini djadwalkan pada minggu kedua bulan Juni 2019.

Sekarang sobat silahkan mempersiapkan diri anda dari sekarang agar lolos pada tahapan-tahapan penerimaan CPNS tahun 2019 ini. Bagikan informasi bahagia ini khususnya yang bercita-cita untuk menjadi ASN.