Lowongan ASN PPPK Segera dibuka Anggaran 2021 Dibutuhkan 1 Juta Formasi-Apa Syaratnya dan Ketentuannya?

Diposting pada

KARIRINFO.COM-Lowongan ASN-PPPK Akan segera dibuka-Tentunya ucapan syukur harus kita lakukan karena dengan kesabaran dan ketekunan pekerjaan apapun yang anda kerjakan semoga diberikan jalan suses buat anda karena reseki bukan hanya satu jalur namun bisa saja datang dari bukan tempat anda bekerja pada saat ini, misalkan mendapatkan hadiah mobil dari Bank (resmi), mendapatkan uang kaget dari orang-orang, ataupun ada program baru yang menguntungkan anda sebagai tenaga kerja. Mungkin anda saat ini bekerja pada Instansi Kemendikbud sebagai tenaga honorer yang pada saat ini belum mencapai gaji UMR, kesempatan kali ini anda bisa ambil yaitu melamar menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.

Berdasarkan pengumuman resmi yang telah diberikan oleh Kemendikbud RI tertanggal 23/11/2020 melalui video conference bersama Wakil Presiden RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Menteri-Menteri Republik Indonesia terkait, Gubernur, Bupati/Walikota dan undangan. Durasinya hingga 1 Jam 30 menit. Tentunya pada pada kesempatan ini membahas tentang Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau dikenal dengan PPPK.

lowongan PPPK tahun 2020-2021
Lowongan PPPK Anggaran Tahun 2020-2021

 

Seleksi P3K

Pada video conference tersebut dibuka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang mengatakan bahwa sangat disayangkan bahwa guru di Indonesia berdasarkan dapodik guru PNS kurang lebih hanya 60% (berdasarkan data dapodik) sehingga selebihnya adalah non PNS untuk hal tersebut maka perlunya mensejahtrakan kepada para guru non PNS yaitu mengajukan guru tersebut diangkat menjadi tenaga kerja PPPK.

Pembawa acara kedua pada teleconference tersebut adalah Wakil Presiden Republik Indonesia yang diberikan wewenang oleh Bapak Presiden RI karena ada kegiatan kenegaraan lainnya. Dalam hal tersebut Wakil Presiden RI mengakui bahwa guru ASN berkurang karena pensiun dan belum terpenuhi. Namun tentunya untuk menjadi ASN PPPK dilakukan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku yaitu dengan memenuhi syaratnya dan tentunya melalui tahapan seleksi, tentunya jika pada penerimaan tahap awal anda gagal jangan bersedih karena akan diberikan hingga 3 kali kesempatan untuk ikut seleksi. Tentunya tujuan ini adalah agar guru terpenuhi pada sekolah yang kekurangan guru. Pada penerimaan ini diprioritaskan adalah guru honorer yang sudah melakukan. Wakil presiden membocorkan bahwa penerimaan P3K ini dibuka hingga 1 juta Formasi khususnya untuk guru. Tentunya disampaikan juga agar Pemerintah daerah untuk menetapkan formasi untuk guru dan mengajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Kementerian terkait untuk terlaksananya seleksi P3K ini.

Syarat untuk melamar :

  • Guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik (termasuk tenaga honorer K2).
  • Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang pada saat ini belum mengajar.
  • Berusia antara 20-59 tahun.

 

Tekanan dari Pak Nadim (Kemendikbud) mengakatan bahwa kepala daerah agar mengajukan formasi namun hingga saat ini masih 174.077 yang diajukan namun agar segera melakukan penambahan pengajuan karena kuotanya hingga 1 juta formasi (kata Kemendikbud) dan kepala daerah tidak perlu khawatir karena anggaran akan diberikan oleh Pemerintah Pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) untuk menggaji kepada para guru honorer yang lolos dalam seleksi tersebut, pengajuan usulan formasi diperpanjang hingga 31 Desember 2020 mendatang melalui aplikasi E-Formasi KemenPANRB. Tentunya KemenPANRB akan memverifikasi dan menetapkan formasi berdasarkan analisa jabatan dan Analisis beban kerja serta juga mempertimbangkan data Dapodik-Kemendikbud sesuai peraturan peundang-undangan yang berlaku.

Tahapan seleksi akan dilakukan secara online yaitu pada SSCASN-PPPK :

  1. Pembuatan akun
  2. Pendaftaran
  3. Pencetakan kartu ujian

Pendaftaran ini terintegrasi dengan by sistem :

  1. Data pedidikan dan Tenaga Kependidikan (Dapodik)
  2. Data kependudukan (Dukcapil)

 

Namun pada penerimaan ini untuk lolos harus memenuhi passinggrade (kata BKN) guna memperoleh tenaga guru yang profesional sesuai standarnya.

Perlu juga diketahui bahwa perjanjian kerja ini berlaku paling singkat 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan : 1. Pencapaian kerja, 2. Kesesuaian kompetensi, 3. Kebutuhan instansi, 4. Setelah mendapat persetujuan PPK. Selain itu pegawai P3K bisa saja dikeluarkan sebagaimana yang telah ditentukan.

Dengan informasi ini semoga menjadi angin segar bagi guru honorer /Bersertifikat Pendidikan Nasional bahwa seleksi P3K ini akan dibuka pada tahun penerimaan yaitu Tahun Anggaran 2021. Bagikan kepada kerabat dan semoga sehat selalu.